Jumat, 28 Oktober 2016

Memasak Air dengan Keadaan Tutup Panci Terbuka dan Tertutup

Tahukah Kamu? 

     "Air yang dimasak dengan keadaan tutup panci terbuka akan jauh lebih cepat mendidih dibandingkan air yang dimasak dengan keadaan tertutup."




Simak ya friends:

Kebanyakan kita berpikir bahwa memasak air dengan menutup pancinya akan membuat air lebih cepat mendidih dibandingkan membiarkan tutup panci terbuka. Dari beberapa wawancara yang tim kami (Sr.Darwin dkk) lakukan, jawaban terbanyak adalah: 
"dengan menutup panci, maka uap atau panas akan tertahan di dalam panci sehingga membuat suhunya semakin cepat panas, sehingga proses mendidih akan semakin cepat dibandingkan membiarkan uap atau panasnya keluar."
                                                     Ternyata hal ini  SALAH !!!


Ini dia penjelasan ilmiah dari Om' Hans :

Titik didih suatu zat adalah suhu yang tekanan uap jenuhnya sama dengan tekanan di atas permukaan zat cair. Titik Didih suatu zat cair dipengaruhi oleh tekanan udaraartinya makin besar tekanan udara makin besar pula titik didih zat cair tersebut. Pada tekanan dan temperatur udara standar (76 cmHg, 25ºC) titik didih air sebesar 100ºC.

     "Dengan menutup panci tersebut, kita sama saja dengan menaikkan suhu udara di dalam panci. Sehingga tekanan udara di dalam panci juga akan naik. Nah, dengan naiknya tekanan udara di dalam panci, maka titik didih air akan ikut naik juga, mungkin 110ºC atau 115ºC. 
      Seharusnya air sudah mendidih saat mencapai suhu 100ºC, namun karena titik didihnya naik maka air akan lebih lama mendidih."
                                                      Ini dia yang BENAR !!!


Sekian  penjelasannya ya friends....      Semoga bermanfaat yah :)

5 komentar:

  1. kak jadi air akan cepat mendidih jika dibuka tutupnya ?

    BalasHapus
  2. Pertanyaan ini pernah ditanyakan ke saya pada saat tes interview masuk perusahaan THN 2010. Awalnya saya hanya pakai logika. G ngerti jawaban yg benar. Saya jawab dibuka cepet panas..temen saya jawab di tutup. Yg benar diterima di perusahaan.. Alhamdulillah jawaban saya benar.

    BalasHapus